Berita Kaltim Post: OPINI : Budaya Silaturahmi dan Teknologi

Opini ini terbit di Koran Kaltim Post, Sabtu 30 Juni 2018 Halaman 11

Budaya Silaturahmi dalam Dunia Teknologi

Budaya Silaturahmi sebenarnya tidak terbatas hanya pada saat perayaan Idul Fitri, tetapi memang lebih terasa “momen” nya kalau dilakukan pada saat Idul Fitri disaat sudah melakukan puasa sebulan penuh, berjibaku melawan hawa nafsu, melakukan berbagai amal kebajikan dengan harapan segala amal baiknya diterima Allah SWT. Apalagi pada saat lebaran, banyak makanan istimewa macam soto dan kawan-kawannya serta beragam kue kering aneka rupa.

Kata silaturahmi atau kadang-kadang disebut juga silaturahim yang dipakai di Indonesia, berakar dari bahasa Arab, yaitu shilah. Artinya hubungan atau relasi, dan rahim berarti kerabat atau kasih-sayang. Sehingga, kata silaturahmi atau silaturahim bisa dimaknai sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih-sayang. Silaturahmi sendiri dapat dikatakan sebagai perekat kembali hubungan sosial yang sudah mulai renggang karena kesibukan aktivitas individu walaupun masih dalam satu keluarga. Meskipun saat ini tradisi silaturahmi telah mengalami pergeseran bentuk.

Di beberapa daerah tradisi silaturahmi secara konvensional dengan keluarga dan para sahabat masih tetap terjaga, walapun tetap ada perbedaan kualitas dengan tradisi silaturahmi di masa lalu. Untuk daerah perkotaan layaknya kota metropolitan, tradisi ini sudah cukup banyak bergeser. Hal ini dapat dipahami mengingat mengingat banyaknya faktor yang memberikan kontribusi seperti modernisasi, perkembangan teknologi, internet, dan masih banyak lagi.

Saat ini teknologi berkembang semakin pesat, bahkan tidak bisa dipungkiri teknologi ada di setiap aktivitas kehidupan kita. Fenomena maraknya teknologi informasi sudah menyebar ke pelosok negeri, pengguna telepon seluler dan internet di negara kita pun selalu bertambah jumlahnya. Hampir semua orang mempunyai telepon seluler, dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Bahkan terkadang satu orang bisa memiliki lebih dari satu telepon seluler dengan nomor telepon dari operator seluler yang berbeda.

Banyaknya gawai yang ada di sekitar kita salah satu contohnya adalah Ponsel pintar yang lebih kita kenal dengan Smartphone masuk dalam kemajuan teknologi yang cukup penting, hampir semua orang memilikinya, dan hampir di segala usia apapun profesinya. Setiap ada Smartphone terbaru banyak orang yang ingin memiliki karena kemampuannya yang luar biasa. Kemampuan Smartphone yang begitu beragam dari mulai media komunikasi, hiburan, edukasi, penyimpanan, dan sebagainya telah membuat semua aktivitas kita tidak lepas dari smartphone itu sendiri. Bangun tidur yang dicari dan dilihat adalah smartphonenya demikian pula pada saat akan tidur. Bahkan ketika bersosialisasi dan berkumpul bersama keluarga dan teman-temanpun, smartphonenya tetap ada ditangan dan sibuk masing-masing.

Perkembangan teknologi internet yang masuk kedalam Smartphone jelas telah mempengaruhi cara manusia berkomunikasi satu sama lain, hal ini jugalah yang menyebabkan intensitas perjumpaan fisik menjadi berkurang, karena silaturahmi via udara alias silaturahmi secara online dianggap lebih cepat dan mudah.

 

Media sosial saat ini sudah menjadi media komunikasi yang paling sering digunakan setiap hari. Untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat, maka masyarakat modern cukup menelpon dengan aplikasi Skype atau chatting via Facebook Messenger, WhatssApp, BBM, Telegram, Twitter, yang dianggap jauh lebih praktis.

Menurut data yang didapat dari laman Kominfo, pengguna internet di Indonesia mencapai 63 Juta Orang, dari angka tersebut, 95 persen menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.  Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar setelah USA, Brazil, dan India. Peringkat 5 pengguna Twitter terbesar di dunia setelah USA, Brazil, Jepang, dan Inggris. Selain Twitter,  jejaring sosial lain yang dikenal di Indonesia adalah  Path dengan jumlah pengguna 700.000 di Indonesia. Line sebesar 10 juta pengguna, Google+ 3,4 juta pengguna dan Linkedlin 1 juta pengguna. Dari data-data di atas sudah cukup menjelaskan posisi media sosial yang sangat penting dalam media komunikasi di Indonesia. Tidak heran sekarang banyak ucapan permohonan maaf lahir batin yang tampil di media sosial.

Adapun media sosial bermanfaat dalam melaksanakan silaturahmi diantaranya dapat mencari keluarga, sahabat yang lama tidak bertemu serta tidak tahu dimana keberadaannya, melalui fasilitas search di media sosial, lalu dengan media sosial pula kita dapat menyapa sahabat dan kerabat yang jauh jaraknya, sekadar mendoakan atau menanyakan kabar, menunjukkan kepedulian kepada teman atau sahabat kita, sebagai wujud silaturahmi yang mungkin terbatas untuk bertatap muka secara langsung. Hal ini semata-mata agar silaturahmi tetap dapat terjaga dengan baik tanpa mengurangi esensi silaturahmi itu sendiri.

Dalam Islam, telah ditekankan pentingnya silaturahmi seperti Hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim bahwa dengan silaturahmi atau silaturahim, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, menyebabkan seseorang masuk surga, dan menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah di dunia dan akhirat. Semangat dalam menjalin silaturahmi harus terus dibangkitkan karena hal ini juga penting sebagai bentuk perbaikan ahlak dan mekanisme penyelesaian permasalahan, kekhilafan, perselisihan, dan ketegangan antar anggota keluarga, sahabat, masyarakat, yang terjadi di masa lalu. Silaturahmi sendiri merupakan media yang sangat efektif untuk memecahkan segala permasalahan yang ada.

Kehadiran teknologi dan media sosial seharusnya semakin dapat mempererat jalinan silaturahmi yang ada. Apapun pilihan kita dalam memilih media bersilaturahmi baik secara langsung ataupun melalui media sosial harus tetap diniatkan karena Allah SWT dan menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. (/Dr.Heny).

Heny Pratiwi

Seorang Muslimah, Dosen, Penulis Buku, Author/Reviewer Artikel // Tertarik pada bidang teknologi dan pendidikan // Orangeious.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *