Mengenal Kecerdasan Buatan (PB)

Berikan pendapat Anda tentang Penggunaan Tools yang berkaitan dengan Kecerdasan Buatan, lalu bagaimana bentuk kecerdasan buatan di masa depan? apakah bermanfaat atau memunculkan kerugian. Berikan pula solusi yg ditimbulkan dari Penggunaan Kecerdasan Buatan secara berlebihan.

*sertakan Nama dan NIM pada jawaban Anda.

Heny Pratiwi

Seorang Muslimah, Dosen, Penulis Buku, Author/Reviewer Artikel // Tertarik pada bidang teknologi dan pendidikan // Orangeious.

Mungkin Anda juga menyukai

26 Respon

  1. Dewi septyani berkata:

    Kecerdasan buatan dimasa depan itu bisa seperti semua kegiatan dikerjakan sendiri oleh kecerdasan buatan itu. Mungkin bisa jadi ada voice email atau lain Lain yg bisa membantu pekerjaan manusia dengan melihat tingkah laku kita. Kecerdasan buatan bisa bermanfaat apabila di gunakan dengan baik bisa juga merugikan jika digunakan berlebihan. Solusinya gunakan secukupnya saja. Karena tidak semua kecerdasan buatan itu baik digunakan seterusnya. Seperti yg pernah kita dengar Soal tay yg dari Microsoft itu

    By dewi Septyani (1441082)

  2. Jusmansyah Syamsuni berkata:

    Nama : Jusmansyah Syamsuni
    NIM : 1741907

    Menurut saya, penggunaan tools yg berkaitan dgn AI itu seperti Barcode Scanner yg ada di mall-mall atau mini market, karena dengan barcode scanner kita bisa mengetahui dan menginput data atau barang yg sudah diberi barcode tanpa lagi mengalami kesalahan jika menginputkannya melalui keyboard.

    Dan menurut saya, bentuk AI di masa depan itu bisa bermanfaat dan juga menimbulkan kerugian.
    Manfaatnya, pekerjaan manusia bisa lebih dimudahkan dan cepat diselesaikan, contohnya jika di masa depan ada sebuah robot yg bisa membersihkan rumah, maka pemilik rumah bisa mengatur dan membagi waktunya utk keperluan yg lain.
    Sedangkan untuk kerugiannya, jika manusia terlalu mengandalkan robot tersebut, maka suatu saat manusia bisa melupakan cara membersihkan rumah dan juga dapat menimbulkan kemalasan.

    Untuk solusi penggunaan AI yg berlebihan, sebaiknya AI tersebut digunakan hanya di saat yg diperlukan, dan membatasi penggunaannya.

  3. Muhammad Fadhil berkata:

    Nama : Muhammad Fadhil
    Nim : 14.41.135

    Semakin dunia teknologi berkembang akibatnya bermunculan teknologi yang mempermudah kegiatan manusia di dalamnya adanya kecerdasan buatan di setiap kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari yang kita tidak ketahui semisalnya bermain game, teknologi handphone, peralatan teknologi yang di dalamnya adanya kecerdasan buatan.

    Bentuk kecerdasan buatan di masa depan tergantung perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga kecerdasan buatan mampu bekerja sama dengan teknologi masa depan, sehinngga mempermudah kegiatan manusia sehari – hari dengan perkembangan teknologi. Semisalnya teknologi pesan berbicara tulisan langsung berada di chat tersebut

    Ada dua sisi yang berbeda dari kecerdasan buatan dari manfaatnya sama kerugiannya, manfaat mempermudah kegiatan manusia sehingga bisa mampu mengikuti perkembangan dengan adanya kecerdasan buatan, sisi kerugian sifat alami manusia akan semakin hilang meski tidak semua karena adanya kecerdasan buatan mempermudah kegiatan manusia dari yang jauh lebih susah menjadi lebih mudah, tergantung sifat kecerdasan alami manusianya.

    Solusinya mengikuti perkembangan zaman dengan kecerdasan buatan akan tetapi jangan pernah menghilangkan kecerdasan alami manusia, di karenakan sifat pasti tidak pernah akan berubah dan juga kita harus mampu memahami kecerdasan buatan karena perkembangan teknologi akan terus berkembang.

  4. Ozy prayogi berkata:

    Menurut saya kecerdasaan buatan yang ada dimasa depan berkaitan dengan benda yang biasa digunakan sehari hari yaitu kunci, dimana setiap orang menggunakan kunci baik itu untuk pintu,kendaraan dll, dimana saya ingin menciptakan sebuah tools yang bermanfaat bagi banyak orang yaitu “key chain alaram” dimana fungsinya itu sangat berguna bagi sebagian orang, key chain ini bisa berbunyi otomatis ketika mendengar suara “siul” yang keluar dari mulut,jadi bagi pelupa yang sering lupa menaruh kunci rumah/kendaraan bisa mengunakan key chain alaram ini. Tidak ada kerugian yang ditimbulkan oleh alat ini,karena fungsinya sangat membantu sebagian besar orang.

    Ozyprayogi(1441140)

  5. Jodiehansyah Septiariza berkata:

    Nama : Jodiehansyah Septiariza
    NIM : 14.41.133

    Menurut saya yang berhubungan dengan kecerdasan buatan, yaitu mungkin bisa seperti sebuah vakum cleaner otomatis. Mengapa saya mengatakan itu penting karena juga dapat membantu meringkan pekerjaan manusia dalam membersihkan rumah.

    Manfaatnya sendiri juga bisa kita ketahui dapat meringankan dan membantu perkerjaan manusia. Kalau kerugiannya manusia akan menjadi manja dan malas dalam melakukan hal yang sepele seperti membersihkan rumah maka lama kelamaaan manusia sendiri juga bisa lupa bagaimana cara membersihkan rumah.

    Solusi dari kecerdasan buatan ini menurut saya jangan terlalu sering memanfaatkan alat seperti itu, cukup sesekali dan tidak perlu berlebihan.

  6. Wawan berkata:

    Nama : Wawan
    Nim : 1441144

    Menurut saya ,tools yang berhubungan dengan AI seperti robot Pada industri. Sejak beberapa dekade terakhir ini, peran robot dalam industri maupun kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Hampir tidak ada cabang industri teknologi tinggi yang tidak dibantu robot.

    Manfaat robot dalam dunia sehari-hari adalah dapat membantu manusia dalam mengerjakan tugas sehari-hari
    Kerugian dalam menerapkan AI robot dalam kehidupan sehari-hari dalam industri pekerjaan yaitu berkurangnya lapangan pekerjaan bagi manusia.
    Solusi nya adalah menerapkan sistem robot itu dengan keadaan yang sulit dillakukan oleh manusia saja jadi dengan begitu kita bisa mengirit kecerdasan buatan AI iti sendiri.

  7. Ari Sanjaya berkata:

    Dalam pendidikan AI sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengalaman belajar yang akan membuat proses belajar mengajar lebuh efektif. Dengan belajar menggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik artifical intelligence, pelajar dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung dengan guru/dosen, informasi dalam media-media pendidikan tentunya akan lebih mempermudah dan meeingankan tugas guru/dosen dan pelajar dalam mentransformasikan ilmu dan pengalaman belajar mereka.
    Ribot pendidikan (educational robots) : digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang operasi dan menggunakan dari robot industri.
    Contoh robot yang digunakan dalam bidang pendidikan :
    *Rhino Robot XRc2 System, robot ini digunakan untuk simulasi tentang operasi dari robot-robot industri.

    Ari Sanjaya (1441127)

  8. Muhammad Arfin Aprianto berkata:

    Nama : Muhammad Arfin Aprianto
    NIM : 1441084

    Diciptakannya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Menurut saya Sangat membantu dan berguna sekali untuk kehidupan di masa yang akan datang, karena didunia saat ini Teknologi sangat cepat sekali berkembang. Sebagai contoh Teknologi AI yang digunakan dalam pembuatan Robot yang berfungsi untuk membantu dalam perakitan komponen dan pembuatan kendaraan di sebuah pabrik….Penggunaan Robot di dalam Pabrik ini sangat membantu karena bisa lebih menghemat waktu dan menghemat dana produksi….. namun dengan adanya Robot ini maka dapat menyebabkan sempitnya lapangan pekerjaan karena semua pekerjaan telah tergantikan oleh Robot, maka Solusi dari saya adalah Sebaiknya Teknologi AI yang diciptakan untuk Robot tersebut Hanya di batasi untuk tugas-tugas yang berat saja yang tidak dapat di tangani oleh manusia agar dengan adanya Teknologi AI ini tidak Berpengaruh terhadap lapangan pekerjaan yang ada.

  9. Pendapat saya cukup positif karena yang saya tau Tools pada kecerdasan buatan yaitu merupakan sebuag studi tentang bagaimana komputer melakukan hal hal yang saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.
    Dan saya yakin bentuk kecerdasan dimasa depan akan lebih pesat dari pada sekarang.
    Bila ditanya bermanfaat atau menimbulkan sisi kerugian yang pasti keduanya akan terjadi, ya ada maanfaat dan ada kerugian yang ditimbulkan.
    Solusinya menurut saya kita hanya perlu mengontrol untuk masalah pemakaian yang berlebihan karna kalo harus membatasi itu sangat tidak memungkinkan dan pula itu semua sudah menjadi sebuah tuntutan.

  10. Erwin Triwahyu berkata:

    tools yg berkaitan dengan kecerdasan buatan sangat mempermudah dalam kegiatan sehari-hari, mungkin bentuk kecerdasan buatan di masa depan masih menggunakan teknologi seperti AR(Augment Reality) yang akan di tempatkan di seluruh kota.

    manfaatnya dapat menghemat waktu dalam menyelesaikan masalah yg kompleks,
    kerugian, seseorang akan sangat tergantung pada kecerdasan buatan itu sendiri.

    solusi dari penggunaan kecerdasan buatan secara berlebihan, si pengguna harus tahu kapan harus menggunakan kecerdasan buatan jangan terus-terusan terpaku pada kecerdasan buatan itu sendiri karena kecerdasan buatan mungkin dapat menyamai /melebihi kecerdasan alami namun tetap kecerdasan buatan tidak bisa menyamai kreativitas kecerdasan alami.

    Nama: Erwin Triwahyu Utomo
    NIM : 1441067

  11. Jeniati Rangga berkata:

    Nama : Jeniati Rangga
    Nim : 1441152
    Kelas : SI PB

    penggunaan tools yang berkaitan dengan AI yang menjadi acuan saya adalah penggunaan robotik
    untuk keperluan produksi di perusahaan-perusahaan besar. Dengan adanya robotik perusahaan dapat menekan
    biaya produksi dengan tidak menggunakan pekerja lagi di bagian produksi. Tetapi disisi lain, dapat juga menimbulkan
    masalah baru yakni berkurangnya lapangan pekerjaan bagi manusia karena telah digantikan oleh robot. Solusi untuk
    masalah ini adalah dengan mengembangkan lagi SDM yang ada agar bisa bersaing dan membuka lapangan pekerjaan baru.
    Untuk bentuk kecerdasan buatan di masa depan, mungkin robot tidak hanya akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan
    besar, tetapi juga digunakan dalam seluruh keperluan sehari-hari.

  12. Anis_Surat_1441089 berkata:

    nama : Anis Surati
    nim : 1441089
    email : anissurati69@gmail.com

    Tools kecerdasan butan menurut saya tidak jauh dari lingkup kehidupan kita seprti HP yang sering kita gunakan merupakan salah satunya yang bisa kita gunakan untuk aktivitas sehari – hari seperti berbagi informasi namun ada banyak yang salah dalam menfaatkannya dan mengunakannya untuk hal – hal yang tidak baik, solusinya hanya pergunakan lah teknologi sebaik mungkin dan pada saat di perlukan .

  13. Nama :Dedet Noptriannur
    Nim : 1441129
    Menurut saya pengimplentasian Ai pada kehidupan sehari hari dan yang ada di sekitar kita ini lebih mempermudah pekerjaan manusia sehari hari jika di ambil contoh pada mesin karcis parkir kendaraan otomatis pada sebuah mall berdampak pada lebih cepat dan mudah nya akses parkir namun berdampak negatif pada lapangan pekerjaan karena tidak memerlukan tenaga manusia pada pengambilan karcis parkir tersebut

  14. Aswian Julian Hasman berkata:

    Nama : Aswian Julian Hasman
    Nim : 1441088

    Menurut saya penggunaan tools ai seperti kamera itu dapat membantu pekerjaan sehari-hari dalam mengambil moment yg sangat di perlukan

    Kalau dari masa depan mungkin akan ada manfaat dan kerugian
    Manfaatny mngkin dpt membantu pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat pengerjaanny , mungkin seperti penyimpanan icloud yg ada di smartphone bsa d terapkan di kamera juga dan fitur yg lebih ,jika memotret dapat menghasilkan yang serupa dengan apa yang kita lihat
    Kerugiannya mungkin biaya yang sangat mahal
    Solusinya mungkin , penggunaan pada tools tersebut tidak terlalu berlebihan dan belum tentu ai tersebut dapat membantu seutuhnya

  15. nur edwin armanda saputra berkata:

    Penggunaan tools yang berkaitan dengan AI pada pengenalan suara ini dapat mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini dengan mencocokannya pada acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu. Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.seperti google now pencarian intenet menggunakan suara

    Untuk AI di masa depan diharapkan tidak menutup kemungkinan hanya dengan data pengetahuan yang terbatas, sebuah komputer dapat berpikir seperti manusia dalam menghadapi masalah. Dan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan nya . Untuk kerugianya di masa depan apabila dalam pekerjaan hanya mengandalkan AI . Akan dpat mnmbah penganguran . Di dalam pekerjaan . Perusahan-perusahan akan kemungkinan mngandalkan komputer atau robot . Dan tidak akan mgndalakan tenaga kerja . Karena pkerjaanya di gntikan oleh robot atau komputer .
    Nur edwin armanda saputra (1441091)

  16. dedet noptriannur berkata:

    Nama :Dedet Noptriannur
    Nim : 1441129
    si pb
    Menurut saya pengimplentasian Ai pada kehidupan sehari hari dan yang ada di sekitar kita ini lebih mempermudah pekerjaan manusia sehari hari jika di ambil contoh pada mesin karcis parkir kendaraan otomatis pada sebuah mall berdampak pada lebih cepat dan mudah nya akses parkir namun berdampak negatif pada lapangan pekerjaan karena tidak memerlukan tenaga manusia pada pengambilan karcis parkir tersebut

  17. zein dahlan berkata:

    zein dahlan (1441157) sipb

    menurut saya penggunaan tools yg berkaitan dengan kecerdasan buatan sangat berguna untuk membantu pekerjaan manusia sehari hari, bentuk kecerdasan buatan dimasa depan mungkin akan dapat membantu manusia lebih dari saat ini, seperti sebuah AI yang dapat membangunkan kita dipagi hari, memilih menu masakan sesuai dengan kebutuhan gizi yang kita butuhkan, hingga memasukan jemuran saat sedang hujan. menurut saya penggunaan kecerdasan buatan tidak akan menimbulkan kerugian apabila digunakan atau dimanfaatkan dengan benar. solusi untuk penggunaan kecerdasan buatan secara berlebihan, menurut saya dengan mengadakan sosialisasi tentang kecerdasan buatan, dan menjelaskan kepada masyarakat agar tidak terlalu bergantung pada mesin.

  18. M.leri.kurniawan berkata:

    M.leri.kurniawan
    1441051
    kecerdasan buatan di masa depan tentu saja sangat menguntungkan bagi semua orang,
    sangat membantu
    sangat efektif
    sangat bermanfaat

    untuk dimasa depan kelebihannya : tentu saja penggunaan tools dapat melakukan sesuatu yg berkali kali terjadi
    sehingga memudahkan pekerjaan manusia

    untuk dimasa depan kekurangannya : tentu saja biaya yg paling utama dilihat (dari pelanggan,penjual,pembuat)
    biaya yang sangat mahal untuk menyelesaikan penggunaan tools tersebut.
    membuat pelanggan sedikit tertarik dikarenakan biaya.

    solusinya : semakin maju teknologi dan pastinya listrik dan biaya akan lebih hemat jika kita memproduksi bahan bahan
    dengan kemampuan sendiri contohnya jika kita bisa membeli barang bekas dan di perbarui lagi untuk bahan bahan yg di perlukan

  19. Dimas Prayogi berkata:

    Penggunaan tools yg berkaitan dengan ai yaitu ihome smart monitor yg merupakan smart plug besutan dari apple yg memiliki kegunaan untuk mengontrol rumah menggunakan device apple melalui device apple yg terhubung dengan wifi dan ihome bisa mengontrol rumah seperti menyalakan lampu, menyalakan penghangat ruang dll.

    Manfaat ai diantarannya dapat membantu pekerjaan manusia, lebih efisien,menghemat banyak waktu. Sedangkan untuk kekurangannya untuk teknologi ai di masa depan sudah pasti lebih mahal, rawan akan kerusakan, dan dapat mengurangi produktivitas manusia dalam kegiatan sehari-hari di karena kan semua sudah dilakukan oleh ai.

    solusinya gunakan lah teknologi ai secara bijak dan batasi penggunaanya jangan sampai menjadi manusia yg memiliki sifat krisis teknologi.

    • Dimas Prayogi berkata:

      Nama : Dimas Prayogi
      NIM : 1441070

      Penggunaan tools yg berkaitan dengan ai yaitu ihome smart monitor yg merupakan smart plug besutan dari apple yg memiliki kegunaan untuk mengontrol rumah menggunakan device apple melalui device apple yg terhubung dengan wifi dan ihome bisa mengontrol rumah seperti menyalakan lampu, menyalakan penghangat ruang dll.

      Manfaat ai diantarannya dapat membantu pekerjaan manusia, lebih efisien,menghemat banyak waktu. Sedangkan untuk kekurangannya untuk teknologi ai di masa depan sudah pasti lebih mahal, rawan akan kerusakan, dan dapat mengurangi produktivitas manusia dalam kegiatan sehari-hari di karena kan semua sudah dilakukan oleh ai.

      solusinya gunakan lah teknologi ai secara bijak dan batasi penggunaanya jangan sampai menjadi manusia yg memiliki sifat krisis teknologi.

      Maaf spam bu nama sama nim lupa tadi…

  20. Birjay berkata:

    Nama : Birjay
    NIM : 1541075
    Kelas : PB

    Kecerdasan buatan ini sangat efektif dalam memudahkann berbagai pekerjaan yang sulit . keuntungannya itu manusia lebih cepat dalam melakukan perkerjaannya tanpa harus membuang waktu dan juga lebih akurat. kerugiannya ini membuat manusia menjadi sangat malas , apa apa selalu mengandalkan robot , lama semakin lama bukan hanya malas saja tapi juga keahlian bekrjannya pun berkurang . kalau kedepannya ini mungkin akan bisa menimbulkan efek buruknya lebih besar dibandingkan untungnya.

  21. Fitri Khumairoh (14.41.081) berkata:

    Menurut saya, penggunaan Tools pada kecerdasan buatan dapat memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk kecerdasan buatan di masa depan alangkah baiknya jika dapat mengenali suara si pengguna agar pengguna lebih mudah menggunakan dan tidak perlu mendatangi mesin dan memencet tombol-tombol yg digunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dalam hal ini akan ada keuntungan utama yaitu menghemat tenaga dan waktu dari manual, tetapi salah satu kerugian dalam hal ini adalah dapat membuat pengguna menjadi malas dan kalau untuk mendeteksi suara, bisa saja mesin (kecerdasan buatan) tersebut salah mengenali ucapan sang pengguna, jd sewaktu-waktu dapat terjadi kesalahan jika pengguna juga tidak jelas menyebutkam perintah. Solusi dari masalah ini adalah membuat perintah-perintah khusus dimana kata-kata perintah tidak mirip-mirip dan pengucapan harus jelas agar nantinya tidak terjadi kesalahan saat proses kerja berlangsung.

    Fitri Khumaitoh (14.41.081)

  22. Nama : Dewi Anggraini N
    Nim : 1441077

    Menurut saya yang berhubungan kecerdasan buatan seperti robot pemandu yang membantu pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah.sehingga pekerjaan rumah dapat diselesaikan dengan sangat mudah.
    Manfaatnya tentu saha mempermudah pekerjaan manusia dalam kegiatan sehari hari kerugiannya bisa saja pekerja rumah tangga akan berkurang dan membuat manusia lebih santai dan malas
    Solusinya kecerdasan buatan gunakanb sebaik mungkin karena teknologi akan terus berkembang.

  23. Dody Sulissetiyo (14.41.069) berkata:

    Tools yang berkaitan dengan AI ini saya kurang paham maksudnya gimana bu, tools untuk membuat/merancang AI atau alat-alat yang berhungan dengan AI.

    Tetapi untuk AI di masa depan saya pikir yang paling saya impikan adalah AI personal manager. Jadi di masa depan kan kemungkinan semua serba otomatis, nah jadi tinggal beri perintah ke personal manager aja buat mengerjakan tugas yang ada.

    Keuntungannya sih jelas mempermudah pekerjaan sehari-hari. Kalo kerugiannya ya mungkin kita tidak memerlukan jasa asisten rumah tangga manusia, dan pastinya juga kantor-kantor juga menggunakan AI juga jadi akan sedikit lapangan pekerjaan karena terisi oleh AI.

    Solusi nya ya mau nggak mau harus meningkatkan kemampuan SDM yang ada. Kalo SDM cuman bisa ngetik sama ngeprint ya ludes kalah sama AI.

    Mungkin sekian komentar sok tau saya bu, maaf kalo ada salah. Terima kasih.

  24. Nurma Yunita (1441139) berkata:

    Saat ini kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu computer yang semakin berkembang pesat. Banyak aplikasi yang telah digunakan untuk kemajuan teknologi automatisasi, seperti sistem pakar, robotika, sistem sensor , game playing, peramalan menggunakan jaringan syaraf tiruan dan masih banyak lagi.
    Dengan pemanfaatan kecerdasan buatan segala aktifitas manusia dapat didukung. Apalagi di era teknologi saat ini manusia modern sangat mengandalkan teknologi. Dengan kecerdasan buatan pekerjaan manusia menjadi efisien dan maksimal. Contohnya dalam bidang robotika. Saat ini banyak sekali contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang robotika yang sangat berguna untuk membantu manusia salah satunya adalah robot mini Andros II
    Kecerdasan buatan di masa depan mungkin akan terfokus kedalam bidang robotika. Apalagi dengan kembiasaan manusia modern saat ini yang sangat membutuhkan automatisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan tentulah robot di masa depan akan lebih pintar . Semakin berkembangnya kecerdasan buatan maka akan semakin berkembang juga ilmu robotika.

  25. Rocky Septianus (1441118) berkata:

    Menurut saya penggunaan tool dalam kecerdasan buatan dapat membantu atau mempermudah pekerjaan manusia dalam melakuan kegiatan sehari harinya. Kecerdasan buatan di masa depan bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia jika di gunakan dengan tidak berlebihan namun akan merugikan jika di gunakan secara berlebihan dan akan menimbulkan ketergantungan terhadap kecerdasan buatan dan menimbulkan dampak buruk terhadap kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *